Selamat Hari Raya Idul Fitri!! What’s next?


Selamat Idul Fitri kepada seluruh umat Islam di seluruh dunia!! Akhirnya setelah satu bulan berpuasa, hari raya yang ditunggu ini datang juga… Hari Raya Idul Fitri atau dalam bahasa Inggris biasa disebut juga Eidul Fitr, punya makna sebagai Hari Raya Berbuka, ya Fitr atau Fitri memiliki arti yang sama dengan istilah iftar yang belakangan populer di beberapa kalangan. Idul Fitri adalah Hari Raya Berbuka, Hari ini tidak boleh ada yang berpuasa, orang yang fakir dan miskin pun pada hari ini diajak berbuka, dengan apa? Dengan sumbangan zakat fitri atau zakat fitrah yang diberikan orang-orang yg mampu.

Zakat fitrah atau zakat fitri yang benar? Ada khilaf di kalangan ulama mengenai ini, zakat fitrah diartikan sebagai zakat untuk mensucikan diri kita di bulan ramadhan dari ketidaksempurnaan ibadah kita, adapun zakat fitri berasal dari kata fitri yang sama dengan idul fitri yang berarti adalah zakat berbuka, ditujukan agar orang-orang miskin bisa ikut ikut berbuka di Hari Raya Idul Fitri. Yang manapun artinya itu bukan hal yg penting, yang penting adalah laksanakan zakat untuk memenuhi perintah Allah, dan membantu kaum fakir-miskin.

Idul fitri kali ini lain dari yang lain, mulai adanya larangan untuk mudik, adanya anjuran Sholat Eid di rumah, larangan berkumpul-kumpul dalam jumlah besar, semuanya akibat “krisis corona” yang saat ini sedang menghantam dunia, tidak cuma Indonesia. Tercatat 5 juta orang telah terinfeksi, dan lebih dari 300ribu orang meninggal karena virus ini, sebuah kejadian yang luar biasa yang tidak terjadi dalam 100 th terakhir, setelah Flu spanyol.

Lantas apa? Saat ini Rakyat Indonesia masih harus menebak-nebak apa langkah yang akan dilakukan oleh Pemerintah kita. Beberapa negara yang sudah memperlihatkan kemajuan pesat dalam penanganan sekarang mulai membuka diri. Bagaimana dengan Indonesia? Dilihat dari tren terkini, belum ada tanda adanya penurunan jumlah kasus, kita belum menang melawan corona, bahkan banyak yg memperkirakan bahwa jumlah yang terjangkit di Indonesia jauh lebih banyak mengingat jumlah test yang dilakukan masih minim.

Sudah siapkah dengan new normal? Bagaimana nasib pendidikan kita di masa pandemi ini? Apakah kelas online lagi semester depan? Banyak hal masih belum jelas.. Berbagai prediksi bermunculan tentang kapan akhir pandemi, ada yg bilang oktober, ada yg bilang akhir tahun, ada yang bilang paling tidak 2 tahun seperti flu spanyol, ada juga yang bilang bahwa corona nggak akan pernah hilang dan untuk bertahan manusia akan bergantung pada keberadaan vaksin… Yah, apapun prediksi yang ada tentu harapan semua orang adalah semoga secepat mungkin semua kembali normal, bisa mudik kembali, berwisata kembali, berkumpul kembali, sekolah kembali ataupun bisa bekerja kembali…

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *