Shinkansen, Transportasi Mahal Tapi Laku


Salah satu wishlist yang banyak orang inginkan ketika berkunjung ke Jepang adalah menjajal shinkansen yang populer di berbagai penjuru dunia sebagai salah satu kereta tercepat di dunia. Tidak salah memang karena shinkansen memang bisa mencapai puncak kecepatan diatas 300 km/jam, dan sekarang sudah dikembangkan yang kecepatannya lebih tinggi lagi, walaupun masih butuh waktu beberapa tahun lagi sampai kita bisa menjajalnya.

Kalaupun ada yang menghalangi orang menjajal shinkansen saya rasa cuma ada satu, yaitu harganya yang mahal. Betulkah shinkansen mahal? Ya, betul sekali.. Bandingkan harga tiket pesawat di Jepang, dari Kumamoto sampai Osaka misalnya, dengan banyaknya diskon untuk pesawat harga kelas ekonomi normalnya adalah sekitar 8.000-13.000 Yen untuk maskapai premium seperti JAL atau ANA apabila belinya jauh-jauh hari, kalau ada diskon atau menggunakan low cost airlines bisa jauh lebih murah sampai 5.000 Yen pun ada. Sedangkan shinkansen harganya mencapai 20.000 Yen. Contoh lain, Shinkansen dari Osaka ke Tokyo bisa mencapai 15.000 Yen, sedangkan menggunakan kereta biasa atau bus bisa dapat harga 5000-8000 Yen. Dan catatan lain: Shinkansen jarang ada diskon.

Shinkansen meskipun transportasi yang mahal tetapi tetap laku di Jepang.. bisa tebak apa alasannya shinkansen tetap laku meskipun mahal? Ada beberapa hal yang menurut saya menjadi penyebab utamanya:

Nyaman, Aman dan Tepat Waktu

Selain kereta tercepat yang pernah saya naiki, shinkansen adalah kereta ternyaman yang pernah saya naiki juga, gerbongnya bersih dan sangat bagus, memiliki kesan mewah. Tempat duduk di shinkansen sangat nyaman, memiliki ruang kaki yang luas, lebih luas dari pesawat kelas ekonomi, dan sangat halus, hampir tidak terasa ada goncangan di sepanjang perjalanan sehingga sangat nyaman apabila ada yang ingin bekerja di dalam shinkansen sekalipun. Selain itu shinkansen memiliki ketepatan waktu tinggi, hal ini bisa dimaklumi karena shinkansen memiliki jalur sendiri, berbeda dengan kereta lain. Jalur khusus shinkansen ini membuat jadwal shinkansen lebih mudah untuk dikelola sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan dan hambatan karena kereta lain, sejak shinkansen pertamakali diluncurkan sampai sekarang belum pernah sekalipun terjadi kecelakaan shinkansen..

Praktis dan Strategis

Menggunakan shinkansen jauh lebih praktis daripada pesawat sejak saat membeli tiket. Tiket shinkansen bisa dibeli dadakan bahkan cuma beberapa menit sebelum keberangkatan pun bisa, berbeda dengan pesawat yang gak bisa dadakan apalagi kalau boarding gatenya sudah tutup. Kita tidak perlu melakukan boarding yg mewajibkan kita sudah check in 25-30 menit sebelumnya apabila mau naik shinkansen, jadi sampai di peron satu menit sebelum keberangkatan pun gak masalah asalkan masih bisa mengejar keretanya. Shinkansen juga memiliki tiket unreserved seat yg walaupun belum tentu dapat tempat duduk, tetapi tiket ini flexible digunakan apabila kita ketinggalan kereta, kita bisa naik ke kereta berikutnya tanpa tambahan biaya, asalkan kita masuk ke gerbong yg unreserved… (bersambung halaman 2)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *